Kerusakan Lingkungan

A.    Berbagai macam masalah lingkungan hidup

1.      Masalah lingkungan menyangkut empat permasalah utama yaitu :

1. Masalah Populasi Penduduk

Pertambahan penduduk membawa konsekuensi bertambah banyaknya kebutuhan pangan, sandang dan papan. Selain itu, manusia yang bertambah banyak membutuhkan pula pertambahan ruang hidup dimuka bumi ini, sedangkan pada kenyataannya lusa permukaan bumi tetap. Akibatnya, dapat terjadi suatu ketimpangan antara kebutuhan dan ketersediaan alam. Manusia cendrung mendahulukan kepentingan pendek daripada kepentingan jangka panjang.

2. Masalah Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah semua kekayaan alam baik berupa benda mati maupun makhluk hidup yang berada dibumi. Sumber daya alam dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Pemanfaatanya tergantung manusia itu sendiri. Selain itu, manusia harus memiliki rasa kesadaran dan tanggung jawab untuk menjaga tingkat kelestariannya agar dapat dimanfaatkan sepanjang masa.

3. Masalah Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan adalah keadaan suatu zat atau energy dan unsure lain yang diintroduksikan ke dalam suatu lingkungan oleh kegiatan manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam kadar tertentu sehingga mengganggu peruntukannya. Perubahan lingkungan baik secara langsung maupun tidak langsung dapat menyebabkan gangguan baik terhadap kesejahteraan dan kesehatan.

4. Iptek

Cara-cara mengolah SDA dari yang paling sederhana sampai yang paling maju disebut teknologi, Pada hakikatnya teknologi dapat membawa kesejahteraan bagi manusia. Akan tetapi teknologi dapat membawa bencana. Oleh karena itu, kini sudah saatnya kita berupaya menjawab tantangan untuk keseimbangan antara SDA yang tesedia dengan permintaan atau kebutuhan manusia yang tidak tebatas.

 

B.     Penyebab Masalah Lingkungan Hidup

 

  1. Peristiwa alam : gempa bumi, lonsor, badai, kebakaran hutan oleh petir, banjir, letusan gunung berapi
  2. Pertumbuhan penduduk : Pertumbuhan masyarakan yang tidak terkendali menjadi masalah dalam penyediaan lahan untuk pemukiman dan usaha, fasilitas pelayanan social, serta social ekonomi dan social budaya .
  3. Pemanfaatan SDA secara berlebihan : ekploitasi, penebangan hutan
  4. Industrialisasi : Limbah
  5. Transportasi : asap kendaraan

 

C.    Komponen Alam yang Dapat Terancam

Udara

Udara atau atmosfer merupakan “selimut” tebal dari gas yang menutupi seluruh bumi. Lapisan tersebut berfungsi untuk melindungi bumi dan pemanasan dan pendinginan yang berlebihan. Tanpa adanya atmosfer, suhu bumi pada siang hari lebih dari 95°C dan pada malam hari akan turun sampai -184°C.

Tanah

Tanah adalah satu tubuh bumi yang berguna untuk wahana bermukim seluruh makhluk hidup dengan segala aktivitas. Tanah berfungsi sebagai penyedia unsur-unsur yang diperlukan bagi tumbuhan, seperti unsur-unsur hara, bahan-bahan organik, serta air yang terdapat didalam tanah

Air

Air digunakan manusia untuk berbagai keperluan.Mengingat jumlah air tawar yang terbatas, diperlukan pemanfaatan yang efisien dan pegelolaan yang baik.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: